Hari ini :

Kebutuhan Software Koperasi


Koperasi sebagai sebuah wadah kegiatan usaha, tidak banyak berbeda kebutuhan sistem informasinya dengan berbagai bentuk badan usaha lainnya, yang melakukan kegiatan untuk mendapatkan keuntungan secara bisnis dan memberikan manfaat yang optimal bagi pemegang saham, dalam hal koperasi adalah para anggotanya.

Kemajuan koperasi dapat dilihat dari manajemen administrasi dalam melakukan pengelolaan dananya. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, kini pengelolaan administrasi sudah menggunakan software IT untuk koperasi. Keuntungan yang didapatkan koperasi dengan bantuan teknologi tersebut adalah lebih efektif dan efisien. Karena pengelola koperasi tidak perlu pusing dikarenakan harus merekap laporan harian, bulanan, dan tahunan.

Karena koperasi yang paling banyak ditemui adalah koperasi yang konsentrasi pada Usaha Simpan Pinjam, maka seringkali konotasi Software Koperasi identik dengan Software Simpan Pinjam. Padahal koperasi juga membutuhkan program aplikasi perkatoran atau aplikasi bisnis seperti :

1. Aplikasi Accounting

2. Aplikasi Payroll

3. Aplikasi Bisnis (Perdagangan/Pergudangan)

dan yang unik dan sering ditemui, khas koperasi karyawan, adalah :

4. Aplikasi Manajemen Anggota Koperasi dan Simpan Pinjam

5. Aplikasi Mini Market dan Point of Sales (POS)

Aplikasi-aplikasi yang lainnya mungkin diperlukan sesuai dengan tingkat kebutuhan koperasi tersebut dan sudah merupakan aplikasi yang spesifik. Misalnya ada koperasi yang memiliki usaha jasa penyewaan kendaraan, maka memerlukan modul-modul aplikasi yang menunjang kegiatan tersebut. (Anjaya)




About this entry

Posting Komentar

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2008