Hari ini :

Agar Konsumen Langsung Membeli Produk

APAKAH Anda masih ingat, apa yang biasanya calon konsumen tanyakan sebelum mereka melakukan pembelian produk atau jasa yang kita tawarkan?

Secara umum, sebelum melakukan pembelian, seseorang biasanya akan menanyakan hal berikut ini :



1. Apa yang Anda jual?

2. Berapa harganya?

3. Kenapa saya harus percaya kepada Anda?

4. Apa untungnya buat saya?

5. Kenapa saya harus beli sekarang? Mungkin sebelumnya Anda telah mendengar atau mengetahui hal-hal tersebut.

Tetapi perlu saya tekankan sekali lagi, buatlah suatu sistem yang mantap dalam bisnis Anda sehingga pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat kita jawab dengan jelas dan mampu memenuhi apa yang calon konsumen tanyakan atau inginkan. Dan akhirnya mampu meningkatkan pemasaran kita

Apa yang Anda Jual

Kita harus mempunyai suatu kejelasan akan apa yang kita jual atau tawarkan karena cukup sering ditemui ada seseorang atau perusahaan menawarkan sesuatu, namun terkadang tidak jelas apa yang sebenarnya ingin mereka tawarkan atau jual. Misalnya, bagaimana detilnya,apa bedanya produk/jasa Anda dibanding yang lain, dsb.

Berapa Harganya

Dari beberapa pengamatan yang ada, harga juga ternyata menentukan hasil pemasaran kita. Yang lebih menarik, tidak selamanya dengan harga yang lebih murah pemasaran kita bisa langsung lebih meningkat. Contohnya, saat saya mengadakan suatu seminar, saat harganya cukup murah justru pesertanya tidak banyak. Namun, ketika harga saya naikkan (dan tentunya ditambahkan dengan penawaran yang menarik lainnya) malah akhirnya pesertanya jauh semakin banyak yang mendaftar. Karena itu, dalam menetapkan harga, kita harus adakan tes dan ukur terlebih dahulu sehingga harga yang kita tetapkan mampu pula meningkatkan pemasaran kita.

Mengapa Saya Harus Percaya Kepada Anda

Hal tersebut sangatlah penting bagi kita agar calon konsumen semakin mantap melakukan pembelian dan pembelian yang berkelanjutan. Biasanya calon konsumen bisa percaya kepada kita antara lain karena ada garansi. Ataupun karena bisnis, produk/jasa kita terkait suatu lembaga/perusahaan/nama yang sudah dipercaya oleh publik. Karena itu, dalam menawarkan seminar, menjual berbagai produk CD,VCD, atau paket lainnya, biasanya saya memberikan garansi atau money back guarantee sehingga akan menambah kepercayaan calon konsumen untuk membeli dari apa yang kita tawarkan.

Apa Untungnya Buat Saya

Hal ini antara lain bisa kita berikan sensational offer ? penawaran yang sangat luar biasa. Berikan poin-poin yang lebih jelas apa manfaat produk/jasa Anda bagi orang yang mau membelinya. Seperti dalam setiap seminar saya, selalu saya berikan uraian mengenai benefit atau keuntungan yang jelas bagi peserta bila mengikuti seminar yang saya adakan.

Mengapa Saya Harus Beli Sekarang

Ini sebenarnya merupakan suatu pertanyaan penting yang harus kita jawab dengan tepat karena sering kali orang atau perusahaan sudah bisa memberikan suatu penawaran yang begitu menariknya.Tapi terkadang tidak tahu bagaimana caranya agar calon konsumen tersebut harus membeli saat itu juga. Jika seseorang tidak membeli saat itu juga, ada kemungkinan mereka akan menunda- nunda dan akhirnya tidak membeli produk kita namun malah membeli produk kompetitor kita.

Pemberian batas waktu pembelian merupakan salah satu cara supaya orang mau memutuskan pembelian dengan lebih cepat,dan jika diperlukan berikan sesuatu benefit yang lebih besar jika calon konsumen mau membeli dengan lebih cepat. Silakan praktikkan untuk menjawab kelima pertanyaan sesuai karakter konsumen dan karakter produk/ jasa yang kita tawarkan. Dan selalu ingat, harus senantiasa terukur. (*)


TUNG DESEM WARINGIN

(okezone.com)




About this entry

Posting Komentar

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2008