Hari ini :

Microfin Luncurkan Software Untuk UKM

Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) identik dengan masih kurangnya kesadaran untuk menjalankan pembukuan dengan baik dalam dunia bisnis. Sebagian besar dari mereka menjalankan bisnisnya sendiri. Dengan kurangnya pengetahuan dalam pembukuan otomatis menghambat mereka menjalankan kegiatan pembukuan keuangan. Sementara minimnya pengetahuan pebisnis UKM dalam pembukuan juga seringkali tidak disertai dengan pemenuhan sumberdaya untuk menjalankan kegiatan akuntansi bisnis.

Kesadaran akan pentingnya pembukuan justru sering timbul ketika menghadapi persaingan dengan institusi atau pihak lain yang mensyaratkan adanya laporan keuangan atau istilah modernnya akuntansi, untuk kegiatan tertentu. Misalnya untuk kepentingan meminjam modal ke bank, atau keperluan tender.

Jika dibandingkan dengan Malaysia, kesadaran untuk mengadopsi pembukuan keuangan di kalangan pelaku UKM di sana lebih tinggi dibandingkan Indonesia. Padahal, sambungnya, saat ini pelaku UKM dipermudah oleh tawaran software (perangkat lunak) akuntansi yang mudah pemakaiannya dan memang dikhususkan untuk kalangan UKM.

Kini telah hadir software akuntansi bagi pebisnis UKM. Kelebihan yang ditawarkan, produk ini diantaranya mempermudah penggunanya karena tidak membutuhkan pengetahuan khusus di bidang akuntansi. Hanya dengan memasukkan data yang diminta, selanjutnya keluaran dalam bentuk laporan keuangan otomatis akan terbentuk.

Microfin yang menangani pemberdayaan koperasi dan UKM di Jawa Timur saat ini, Akan berupaya membantu pebisnis UKM agar mampu meningkatkan penjualannya dengan pemasagan IT. Adapun Software akuntansi bagi kalangan UKM ditawarkan dengan harga mulai Rp. 2 juta. (Ajay)





About this entry

Posting Komentar

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2008