Hari ini :

Darmawati: “Marketer Syariah Harus Menguasai Bisnis Syariah”

Memasarkan produk syariah butuh marketer syariah. Apa jadinya jika marketer syariah gagal dalam memasarkan produk syariah. Tentunya pertumbuhan bisnis dan aset bisnis syariah tak pernah naik kelas.

ImageMaka dari itu Darmawati salah satu the top marketer di PT Takaful Indonesia, memberikan saran diperlukan perubahan cara berfikir, bahwa dalam mengembangkan bisnis syariah ini bukan hanya sekedar memperoleh uang saja tapi lebih dari itu, untuk mendapatkan keridhoan dari Allah. Tidak hanya itu, marketer syariah juga harus mampu menguasai dan memahami bisnis syariah secara utuh.

Untuk mengetahui secara jauh, alasan yang dikemukakan oleh the top marketer PT Takaful Indonesia ini, Agus Yuliawan berbincang-bincang dengan Darmawati di Gedung Jaya – Jakarta. Berikut perbincangannya:

Sebenarnya apa yang melatar belakangi Anda tertarik dalam marketer syariah?

Menjadi marketer syariah merupakan hal yang sangat baru di dunia marketing dewasa ini, munculnya marketer syariah seiring dengan perkembangan bisnis syariah yang berkembang saat ini. Salah satu ketertarikan saya dalam mengembangkan marketing syariah, saya ingin bekerja bukan sekedar memperoleh uang saja tapi ada nilai-nilai pahala yang saya raih. Itulah yang menjadikan alasan saya, kenapa saya memilih menjadi marketing syariah.

Apa yang diajarkan dalam marketing syariah? Sehingga Anda tertarik menjadi marketer syariah?

Banyak hal, dalam marking syariah kita harus jujur dan transparan, tak boleh membohongi dan tak boleh melakukan marketing dengan cara menghalalkan segala cara. Prinsip-prinsip inilah yang sebenarnya digunakan dalam marketing syariah.

Selama berproses sulitkah Anda menjadi marketer syariah?

Sangat sulit. Tapi dengan penuh keyakinan saya bisa melaksanakan marketing syariah tersebut.

Menjadi marketer syariah, menurut Anda apakah harus berkerja di perusahaan bisnis syariah?

Saya rasa tidak. Menjadi marketer syariah tidak harus di lembaga bisnis syariah, tapi dilembaga konvensional juga bisa asalkan si marketer tersebut dalam bekerja menggunakan pendekatan syariah, yaitu jujur dan tak melakukan pelanggaran agama.

Jadi tidak harus bekerja di perusahaan syariah?

Semua kembali pada sikap pribadi masing-masing.

Selama Anda menjadi marketing syariah adakah klien yang menolak Anda?

Tidak, mereka justru sangat senang sekali saya bersikap demikian dan akhirnya mereka bukan saya anggap sekedar klien saja tapi juga mempererat persaudaraan diantara kami.

Seiring dengan bisnis syariah yang berkembang saat ini. Mengapa para marketer syariah kurang produktif dalam mengejar target yang dibebankan?

Saya melihat mereka belum memiliki rasa percaya diri (PD) dalam memasarkan produk syariah, mereka sudah merasa bahwa produk syariah kalah jauh denagn produk konvensional. Padahal jika kita bedah produk syariah tersebut secara dalam mampu mengungguli dengan produk konvensional yang ada selama ini.

Jika demikian sebenarnya apa yang menjadikan kesalahan dari para makerer syariah selama ini.

Saya rasa yang menjadikan permasalahan bagi para makerter syariah selama ini adalah lebih pada kemampuan penguasaan dalam menawarkan produk sangat lemah disamping itu rasa percaya diri mereka juga sangat lemah.

Untuk menjembatani beban psikologis tersebut, sebagai seorang marketer di dunia asuransi syariah. Apa saran buat mereka?

Saran saya buat mereka adalah diperlukan perubahan cara berfikir mereka, bahwa dalam mengembangkan bisnis syariah ini bukan hanya sekedar memperoleh uang saja tapi lebih dari itu, untuk mendapatkan keridhoan dari Allah. Kemudian marketer syariah harus mampu menguasai dan memahami bisnis syariah secara utuh. Jika mereka setengah-setengah dalam memahami bisnis syariah, akan sangat kesulitan dari mereka dalam mengembangkan marketing syariah.

Selama menjadi marketer syariah apa kata kunci yang Anda berikan selama ini?

Kata kunci yang selalu saya berikan pada klain adalah bahwa kehadian saya adalah membantu mereka dalam merencanakan investasinya dan sekaligus mengarahkan bisnis yang diridhoi oleh Allah SWT. (agus, www.pkesinteraktif.com)


About this entry

  1. Assalamualaikum..
    Sebagai marketer syariah pemula (yg sebelumnya menajdi marketer konven), saya butuh sharing pengalaman memasarkan produk syariah.. Terima kasih. Wassalam.

  2. Wa'alaikumsalam
    Dengan senang hati kami akan membantu. InsyaAllah kami akan tampilkan tulisan pemasaran produk syariah. Kebetulan lembaga kami juga sering mengadakan pelatihan sejenis. terima kasih

Posting Komentar

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2008